Anda telah memutuskan untuk membuat mobil listrik. Ada berbagai macam komponen mobil listrik yang tersedia. Memahami komponen-komponen ini dan tujuan spesifiknya adalah bagian pertama dari membangun komponen Anda sendiri. Di bawah ini adalah daftar bagian paling umum yang dibutuhkan oleh pembuat mobil listrik rumahan untuk membuat mobil yang memenuhi kebutuhan rata-rata pengemudi.
Motor listrik
Setiap mobil listrik membutuhkan motor. Motor listrik bervariasi dalam bentuk dan ukuran, berat dan harga. Mereka dapat menggunakan listrik AC atau DC. Pembuat anggaran dapat memilih untuk menggunakan motor listrik dari sistem forklift atau lift tua. Ada juga banyak motor khusus mobil listrik yang tersedia untuk dibeli sendiri atau sebagai bagian dari kit. Anda harus memilih motor yang sesuai dengan kebutuhan kinerja dan anggaran Anda.
Pengendali Motor
Tujuan dari pengontrol motor adalah untuk mengatur kecepatan putaran motor. Jika 120V diterapkan langsung ke motor listrik misalnya, itu akan berjalan dengan kecepatan penuh. Perlu ada sarana untuk mengatur output motor dan inilah gunanya pengontrol motor. Ini memungkinkan motor untuk berjalan pada kecepatan apa pun antara nol rpm dan rpm maksimumnya. Bagian ini juga dapat diselamatkan baik dari forklift atau kereta golf.
Kotak Panci Throttle
Kotak pot adalah bagian kecil yang terhubung ke kabel throttle stok Anda. Saat Anda menekan throttle Anda, kotak panci mengirimkan sinyal yang sesuai dengan jumlah tekanan yang Anda masukkan pada pedal ke pengontrol yang kemudian mengirimkan daya yang tepat ke motor.
Plat Adaptor
Pelat adaptor memasangkan motor listrik ke transmisi stok. Ini dapat dibeli untuk kendaraan yang biasa dikonversi. Sebagian besar motor khusus EV memiliki pola baut standar sehingga sebagian besar pelat adaptor akan bekerja dengan sebagian besar motor. Jika Anda menggunakan motor dari forklift, Anda harus memiliki pelat adaptor yang dibuat khusus atau tentu saja jika Anda seorang fabrikator yang baik, Anda selalu dapat melakukannya sendiri.
Kontaktor
Ini pada dasarnya adalah relai tegangan tinggi. Ini menghubungkan baterai Anda ke pengontrol saat Anda menghidupkan kunci.
Sekering
Sekering akan putus dan memutus daya jika terlalu banyak arus listrik yang ditarik.
Saklar Manual
Harus ada satu (atau lebih) pemutusan manual untuk paket baterai utama. Dengan cara ini jika semuanya gagal, Anda dapat memutuskan daya secara manual dan menghentikan kendaraan dengan aman.
Baterai
Ada banyak jenis baterai yang tersedia. Jenis baterai yang Anda pilih akan memengaruhi kinerja dan jangkauan Anda.
pengisi daya
Ada banyak jenis pengisi daya yang tersedia dan pengisi daya yang Anda butuhkan akan bergantung pada baterai yang Anda gunakan.
Konverter DC/DC
Konverter DC/DC mengambil tegangan paket baterai (traksi) utama Anda dan menguranginya menjadi 12V yang membuat baterai 12V Anda tetap terisi daya. Kendaraan listrik masih membutuhkan baterai 12V untuk menyalakan semua lampu, stereo, klakson, dll. Menjaga baterai ini tetap terisi dapat dicapai dengan cara lain juga. Beberapa pembuat EV menggunakan alternator yang menjalankan motor listrik dan yang lain menggunakan pengisi daya 12V terpisah untuk mengisi baterai ini.
pengukur
Anda perlu tahu apa yang terjadi di balik kap mesin dan di sinilah alat pengukur Anda masuk. Kebanyakan EV dasar menggunakan ammeter tegangan tinggi dan pengukur tegangan (untuk tegangan paket traksi) dan pengukur tegangan rendah (sistem 12V).
Pemanas
Meskipun pemanas tidak diperlukan untuk mengendarai mobil, itu adalah kenyamanan yang kita semua telah terbiasa. Karena pemanas stok di mobil berbahan bakar bensin menggunakan panas yang dihasilkan oleh mesin bensin untuk memanaskan kabin, kita perlu mencari cara lain untuk memasukkan panas ke dalam kendaraan. Ada beberapa cara untuk melakukan ini. moblis.id