9 Tips Cara Memberi Nama Produk - Penamaan produk adalah aspek kunci dari branding. Nama yang Anda pilih akhirnya akan mencerminkan siapa Anda, kepribadian dan visi perusahaan Anda. Tetapi yang lebih penting, itu harus mewujudkan janji manfaat utama produk Anda kepada pelanggan potensial Anda.
Ini bisa cocok secara umum dengan pesaing Anda, tetapi idealnya, itu harus menonjol dari kerumunan. Di mana untuk memulai? Berikut ini beberapa pedoman dasar.
Jika bidangnya terlalu ramai, menjadi unik
Penelusuran MSN, Penelusuran Netscape, Penelusuran AOL, mereka semua tetap berada dalam kategori yang sama, sehingga Anda dapat memainkannya dengan aman dan pergi dengan Penelusuran yang Menakjubkan atau Penelusuran Super Duper.Ini bekerja untuk sementara waktu, tetapi begitu lapangan menjadi terlalu ramai, Anda akan tersesat di bubur kesamaan dengan pengakuan nama yang semakin berkurang.
Jika Anda berada di dalamnya untuk jangka panjang, lebih baik melepaskan diri dari keramaian dengan nama seperti Google, Yahoo, atau bahkan Dogpile (meskipun saya bukan penggemar masuk ke kategori scat hanya untuk menjadi unik). Bahkan Kinkos — nama panggilan sang pendiri (ia memiliki rambut merah keriting di sekolah) — cukup berbeda untuk diingat.
Hindari twister lidah
Ada sedikit bagian dalam diri kita yang benci menjadi malu. Ketika kami meminta suatu produk atau membicarakannya dengan teman-teman, kami ingin terdengar melek dan tidak meraba-raba pengucapan.Jadi berbaik hati kepada pelanggan potensial Anda dan hindari twister lidah, atau nama apa pun yang terdengar panjang atau asing. Jika Anda tidak dapat menemukan nama satu kata, jangan lanjutkan dua atau tiga suku kata.
Aliterasi dapat membantu dengan nama yang lebih panjang
Oke, jadi presiden perusahaan suka semua nama yang lebih panjang di daftar Anda. Anda dapat membuatnya lebih mudah diingat dan / atau lebih mudah diucapkan dengan menggunakan aliterasi. Pertimbangkan Circuit City (awalnya, sangat hambar, bersuku kata satu, bangsal). Atau Downtown Disney, Atau merek paling terkenal di dunia, Coca Cola. Keempat suku kata, namun mereka menggulung lidah dengan mudah mengejutkan.Hindari singkatan
Singkatan kurang kepribadian dan berkomunikasi sangat sedikit dalam hal manfaat atau karakter merek. Memang, IBM, MCI, dan ABC memiliki pengakuan dan identitas yang besar, tetapi mereka juga menghabiskan waktu bertahun-tahun di hampir semua media untuk mempromosikan citra mereka — menggunakan gambar orang dan situasi yang hangat dan tidak jelas. Bahkan miliarder Bill Gates memilih Microsoft daripada MS (yang memiliki konotasi yang tidak diinginkan).Blog My Simple Tricks juga lebih memilih tidak menyingkat dengan MST. Itu karena kurang familiar dan tidak menjelaskan apa-apa.
Sampaikan manfaat tersirat
Jika Anda tidak memiliki banyak uang media untuk dibelanjakan pada pengenalan nama, cobalah untuk nama yang menyampaikan manfaat atau mendeskripsikan konten. Snapple memulai dengan nama yang menggabungkan dua rasa aslinya: Spice N Apple. Sutra — merek susu berbasis kedelai — menggabungkan kedelai dan susu. Nama-nama berorientasi manfaat termasuk pembersih oven EasyOff, makanan tanaman Miracle-Grow, dan Hearthwarmer (insert perapian).Hilang dalam Terjemahan ... atau lebih buruk!
Sebagian besar dari kita telah mendengar kisah Chevrolet memperkenalkan "Nova" mereka di negara-negara berbahasa Spanyol. Mobil mabuk karena 'nova' berarti "tidak pergi." Fiat menemukan mereka harus mengganti nama "uno" mereka di Finlandia, karena "Uno" berarti sampah di Finlandia.Produk Kanada memerlukan pelabelan dalam bahasa Inggris dan Prancis, itulah sebabnya pada beberapa kotak kue, frasa bahasa Inggris "tanpa bahan pengawet" telah secara tidak sengaja diterjemahkan ke dalam bahasa Prancis "bahan pengawet sans," yang berarti "tanpa kondom." ‘Kata Nuff.
Hindari mode
Kehidupan rak dari nama yg bertingkah aneh pendek dan manis. Ia naik ke stratosfer pengakuan kemudian menukik ke dalam ketidakjelasan lebih cepat daripada yang bisa Anda katakan, "radikal," "tubular" atau "outta sight." Masalah lain dengan mode adalah mereka sering terbatas pada satu demografis atau klik. Di pasar seluas dan beragam seperti A.S., lebih baik aman daripada menyesal.Lindungi gambar Anda
Jika Anda menyukai sebagian besar perusahaan, Anda bekerja keras dan menghabiskan banyak uang nyata untuk menciptakan citra perusahaan Anda. Jadi masuk akal untuk melindungi investasi Anda dengan nama produk yang konsisten dengan merek dan citra Anda yang ada.Rolls Royce harus menarik nama tambahan terbarunya ke garis Silver Cloud, yang mereka tentukan beri nama "Silver Mist," karena dalam bahasa Jerman, "mist" berarti kotoran hewan. Jadi, bangunlah apa yang Anda miliki. Contoh yang baik: Masuknya Google ke dalam belanja online dengan Froogle. Secara kebetulan, jika Anda bertanya-tanya dari mana "Google" berasal, itu adalah variasi pada googol istilah matematika, angka yang sangat besar dengan nol yang tidak ada habisnya.
Jangan lupa legal
Setelah Anda menentukan beberapa nama calon yang ideal, sewa pengacara yang baik untuk memastikan mereka belum digunakan dan tidak membingungkan mirip dengan orang lain di industri Anda.Semoga gambaran umum singkat ini akan membantu memandu Anda melalui seluk-beluk penamaan produk. Ingat, cobalah untuk menjadi unik dan berorientasi pada keuntungan tanpa membingungkan atau menyinggung. Hindari mode, singkatan dan twister lidah. Dan, dengan segala cara, lindungi gambar Anda.